Mau Sukses Bekerja Freelance? Ini Caranya!

Bekerja freelance semakin banyak dilirik karena fleksibilitas waktu kerja dan memberikan kesempatan bekerja sesuai tempat yang kita suka. Menjadi seorang freelancer sangat cocok bagi para mahasiswa maupun orang yang sudah memiliki pekerjaan tetap, kamu bisa menjadikan freelance sebagai pekerjaan sambilan. Sebagian orang juga memilih freelance sebagai pekerjaan utama (full-time freelancer).

Namun persaingan di dunia freelance pun tidaklah mudah. Kamu harus bisa bersaing dengan banyak freelancer lainnya yang juga memiliki kemampuan yang luar biasa. Nah, agar kamu bisa sukses menjadi freelancer, ada baiknya ikutin tips berikut ini.

Bekerja freelance sesuai keahlian

Hal utama yang harus kamu pertimbangkan adalah menentukan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian yang kamu miliki. Jika seseorang memiliki pekerjaan yang tidak sesuai dengan keahliannya, maka bisa jadi orang tersebut gagal dalam pekerjaannya.

Rencanakan kegiatan kerja

 

Rencanakan kegiatan kerja untuk memudahkan kamu dalam mengelola waktu. Buatlah jadwal deadline untuk menentukan pekerjaan mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Tentukan juga kapan kamu harus bekerja, kapan kamu harus istirahat agar kamu tetap fit untuk menjalani pekerjaan.

Membuat blog atau website

Gunakan blog atau website sebagai sarana portofolio untuk mempublikasikan hasil pekerjaan mu. Website yang menarik dan profesional akan membantu kamu untuk mendapatkan klien baru.

Ciptakan personal branding

Menciptakan personal branding sangat penting untuk kamu bangun dari sekarang, Personal branding bisa menjadi solusi untuk mencapai kesuksesan. Jika kamu memasarkan jasa profesional mu sebagai freelancer, personal branding yang kuat akan membuat orang tertarik dan mendatangkan kesempatan untuk mu.

Perluas networking

Memperluas networking dan mitra kerja dapat membantu mengembangkan pekerjaan freelance kamu. Semakin banyak relasi yang kamu miliki, semakin tinggi pula peluang sukses kamu sebagai freelancer. Salah satu cara yang tepat untuk mengembangkan relasi adalah dengan berada di lingkungan yang tepat, seperti bekerja di Coworking Space. Kamu bisa mengembangkan relasi dengan saling berbagi wawasan dan saling berkolaborasi. Dengan relasi yang bisa kamu temukan di Coworking Space, akan memudahkan untuk menemukan klien & project baru.

Baca Juga: 5 Alasan Memilih Bekerja di Coworking Space

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.