4 Tips Berguna Saat Bekerja di Coworking Space

Tips bekerja di Coworking space
Tips bekerja di Coworking space

Kerja secara produktif itu susah susah gampang dan bekerja di coworking space menjadi salah satu pilihan yang bisa diambil. Buat sebagian orang yang mungkin belum terbiasa bekerja di coworking space tips ini bisa jadi berguna. How to make the most of working at coworking space.

Tips #1 : Pilih space yang nyaman

Bicara soal nyaman ini relatif, nyaman untuk satu orang belum tentu untuk yang lain. Di tempat coworking space biasanya tersedia banyak tempat untuk bekerja. Ada meja dan kursi, standing desk atau lesehan dengan bean bag misalnya. Pilih tempat yang nyaman sesuai dengan preference, untuk saya pribadi biasanya saya pilih standing desk yang menghadap tembok atau kaca. Kenapa? Less distraction, lebih sedikit “pemandangan” yang bisa mengganggu fokus saat bekerja. Selain itu bekerja sambil berdiri juga lebih sehat katanya.

So, pick your own space guys.

Tips #2 : Headphones FTW!

Barang yang satu ini wajib dibawa kemana-mana. Di coworking space bisa saja “berisik”. Diskusi dari meja sebelah yang terlalu keras atau musik yang diputar di tempat coworking space tidak sesuai dengan genre music preference misalnya. Selain untuk mendengarkan musik dan blocking noise luar yang bisa mengganggu konsentrasi, headphones/earphones bisa berguna sebagai alat penangkal gangguan tetangga. Biasanya orang lebih sungkan “colek” yang lagi pakai headphones. Hahaha. At least, dari pengalaman saya begitu.

Tips #3 : Jangan malu bertanya dengan host coworking space

Malu bertanya sesat dijalan. Tanya ke host coworking space tempat kerja. Apa saja fasilitas yang didapat misalnya atau lokasi toilet, lokasi musholla, kiblat menghadap kemana. Paket yang diambil includes apa saja? Free ruang meeting berapa jam kah? Ada smoking area?

Selain fasilitas yang diberikan coworking space, informasi coworker lain juga bisa jadi penting. Siapa saja coworker yang kerja disini? Dari mana? Bekerja dalam bidang industri apa?

Tips #4 : Kolaborasi dan sosialisasi

Salah satu benefit bekerja di coworking space adalah yang satu ini menurut saya. Ngobrol dengan sesama coworker lain itu penting, selain menambah network, bisa jadi obrolan singkat pada saat smoke break atau makan siang di pantry berlanjut menjadi kesempatan bekerja sama di masa depan. Bertemu dengan coworker satu bidang misalnya, bisa jadi opportunity sharing knowledge atau dengan bidang industri berbeda bisa jadi kesempatan kerja sama.

Punya tips diluar dari 4 poin diatas? Tulis di kolom komentar dibawah.

Happy coworking guys!

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.