6 Alasan Mengapa Generasi Milenial Memilih Coworking Space untuk Bekerja

Pernahkah kamu memperhatikan lonjakan jumlah coworking space di sekitarmu? Model kantor coworking space sebagai tempat untuk bekerja semakin populer akhir-akhir ini. Jika melihat kembali pada satu dekade terakhir, tren bekerja di coworking space hampir tidak pernah terdengar. Kini, ada lebih dari 100 coworking space tersebar di seluruh kota di Indonesia, sebagian dari coworking space ini pun sudah terdaftar di asosiasi Coworking Indonesia.

Salah satu alasan terbesar yang mendongkrak tren ini adalah munculnya generasi milenial di dunia profesional kerja. Mereka menjadi wirausahawan, membangun dan bergabung dengan startup, dan mulai membentuk tren tentang bagaimana dan di mana mereka bekerja. Tapi, mengapa coworking space begitu menarik bagi generasi millenial? Mengapa para milenial memilih coworking space untuk bekerja?

 

Mengapa Para Generasi Milenial Memilih Coworking Space untuk Bekerja?

 

1. Biayanya yang lebih hemat

Biaya keanggotaan di coworking space jauh lebih murah jika dibandingkan dengan menyewa atau membeli satu bangunan untuk kantor. Kolaborato Coworking Space di Bogor, misalnya, dapat disewa sebagai meeting room dan event space. Kamu juga dapat menjadi anggota dengan biaya mulai dari Rp50.000,00 per hari hingga Rp1.000.000,00 per bulan tergantung pada kebutuhanmu. Jauh lebih hemat daripada biaya sewa kantor sendiri bukan?

 

2. Lebih sedikit tanggung jawab

Para anggota yang ikut serta dalam coworking space juga memiliki tanggung jawab yang lebih sedikit untuk dikhawatirkan. Hal-hal sederhana seperti kebersihan dan pemeliharaan kantor dirawat oleh pemilik bangunan. Ini adalah salah satu alasan mengapa para generasi milenial cenderung lebih suka menyewa daripada memiliki sendiri.

 

3. Memperluas koneksi

Di coworking space, biasanya ada banyak orang lain yang menempati lokasi yang sama dengan kamu, dan jumlah itu kemungkinan akan berubah setiap bulan. Ini adalah tempat yang sempurna untuk bertemu orang-orang baru di dunia profesional, sangat menguntungkan bagi para milenial memilih coworking space untuk bekerja karena dapat memperluas jaringan profesional mereka.

 

4. Komitmen yang lebih kecil

Mayoritas generasi milenial setuju bahwa mereka akan sangat fleksibel tanpa harus berkomitmen. Menyewa atau membeli bangunan sendiri untuk kantor diperlukan sebuah komitmen yang cukup besar. Pasalnya, menyewa sebuah bangunan biasanya memiliki periode minimal satu sampai dua tahun, dan memiliki bangunan sendiri adalah bentuk investasi yang dapat (atau seharusnya) berlangsung selama satu dekade atau lebih. Sedangkan di coworking space, kamu bisa menentukan sendiri periode keanggotaan sesuai kebutuhanmu, bisa tahunan, bulanan, harian, atau per jam.

 

5. Sangat mendukung untuk startup

Sebagian besar kaum milenial menyukai gagasan untuk memulai bisnis mereka sendiri. Berkat ketersediaan sumber daya online, dan perkembangan teknologi startup yang cukup pesat, membuat startup dari nol bisa terjadi sangat cepat hari ini, dan dapat dilakukan dengan tim yang lebih kecil. Coworking space sangat ideal bagi wirausahawan dan penggiat startup dengan anggaran kecil dan cocok untuk mengembangkan koneksi dengan pemilik bisnis lain.

 

6. Lokasi yang strategis

Menurut survey yang dilakukan oleh Nielsen, 62% dari generasi milenial lebih suka tinggal di pusat kota, di mana akses ke sumber daya seperti mini market, restoran, dan tempat hiburan sangat mudah untuk dicapai. Coworking space biasanya berlokasi di pusat kota, sangat strategis dan mudah dicapai bagi para anggotanya.

 

Untuk kamu yang ingin mencoba bekerja di coworking space, kamu bisa datang ke Kolaborato Coworking Space.

Silahkan hubungi Lutfi di +62 878-5839-4266 untuk info lebih lanjut atau langsung mampir ke Kolaborato Coworking Space di Jl. Bogor Baru A4 No.8, Tegallega, Bogor Tengah, Kota Bogor.

See you at Kolaborato!

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.