Mau Tetap Semangat Kerja di Bulan Puasa? Yuk, Ikuti Tips Berikut Ini!

Tidak lama lagi bulan Ramadhan atau bulan puasa kembali hadir. Selama berpuasa, sering kali kita merasa lemas dan kurang bersemangat saat bekerja. Namun, jangan sampai ibadah puasa mengganggu produktiviras kerja kamu. Ada cara jitu agar kamu tetap semangat kerja di bulan puasa yang perlu kamu ketahui.

Tips Semangat Kerja di Bulan Puasa

Buatlah Daftar Kerja

Buatlah daftar kerja untuk membantu kamu agar tetap produktif meskipun saat sedang berpuasa. Pilihlah mana pekerjaan yang harus didahulukan, sebaiknya kerjakanlah pekerjaan yang penting di pagi hari saat kondisi tubuh masih fresh. Mendahulukan pejerjaan yang berat juga bisa dilakukan saat kondisi tubuh masih fresh dan penuh energi di pagi hari. Dengan menyusun daftar kerja, pekerjaan akan lebih mudah diselesaikan.

 

Menjaga Pola Makan Sehat saat Sahur dan Berbuka

Mengkonsumsi sayur dan buah sangatlah penting agar kamu tetap fit selama berpuasa. Buah dan sayur mengandung kadar serat yang tinggi, serat yang lambat dicerna akan membuat kita merasa kenyang lebih lama. Selain tinggi akan serat, buah dan sayur juga kaya akan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk proses metabolisme energi dalam tumbuh, sehingga tubuh menjadi fit selama berpuasa.

 

Sempatkan Berolahraga

Sempatkan lah berolahraga ringan setelah bekerja atau di waktu senggang. Selama berpuasa, kamu juga harus menjaga kebugaran tubuh dan stamina, hal ini dilakukan agar kamu tidak cepat merasa lelah.

 

Sebaiknya Jangan Tidur Setelah Sahur

Banyak orang yang memilih untuk tidur setelah sahur dengan alasan agar tidak mengantuk saat beraktivitas di pagi hari. Padahal tidur dengan waktu yang singkat malah membuat kepala terasa pusing dan tubuh menjadi lemas setelah bangun tidur, belum lagi jika kamu bangun kesiangan, repot kan? Sebaiknya segeralah mandi dan bersiap berangkat ke kantor setelah sahur untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fresh.

 

Perhatikan Pola Tidur

Selama bulan ramadhan, pola tidur kamu pasti akan ikut berubah. Agar tidak mengganggu produktivitas dan tetap menjaga daya tahan tubuh, sebaiknya kamu memerhatikan pola tidur. Jika kamu biasa tidur jam 11 malam, cobalah untuk tidur jam 10 malam, karena kamu akan bangun untuk sahur. Hentikan kebiasaan begadang agar tidak mengantuk di siang hari.

 

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.