Pilih Kerja di Rumah, Coffee Shop atau Coworking Space?

Pilih Kerja di Rumah, Coffee Shop atau Coworking Space?

Bagi para pekerja lepas atau orang yang biasa bekerja secara remote, ada 3 tempat yang bisa menjadi pilihan untuk bekerja. Pilih Kerja di Rumah, Coffee Shop atau Coworking Space.

Mungkin banyak dari kalian yang bingung ketika memiliih tempat untuk bekerja. Sebaiknya, pertimbangkanlah kelebihan dan kekurangan dari setiap tempat kerja yang akan kamu pilih. Jadi kamu dapat menemukan tempat yang paling nyaman untuk bekerja.

Rumah

Bekerja dari rumah sering menjadi pilihan bagi seorang solopreneurs atau bagi para pekerja lepas. Kelebihan dari bekerja di rumah adalah hematnya biaya yang dikeluarkan. Selain menjadi pilihan termurah, bekerja dari rumah juga sangat fleksibel.

Bekerja di rumah memungkinkan kamu bekerja kapan pun kamu mau. Kamu bisa bekerja sambil menggunakan baju tidur ataupun menggunakan pakaian formal. Kamu juga dapat menyesuaikan sendiri tempat dimana kamu akan bekerja.

Namun sayangnya, bekerja di rumah gak selalu menyenangkan. Bayangkan, bekerja selama 8-10 jam hanya di kamar tidur atau ruang kerja. Kamu akan cepat merasa bosan dan jenuh ketika bekerja di satu tempat dengan suasana yang itu-itu saja. Belum lagi gangguan dari lingkungan rumah yang berisik atau godaan kasur yang bikin kamu semakin kurang produktif.

Mengembangkan relasi kerja dari rumah juga akan lebih sulit dibandingkan jika kamu bekerja di coffee shop atau coworking space. Ketika kamu bekerja di luar rumah, kamu akan bertemu banyak orang yang bisa menambah relasi, memberikan ilmu baru dan ide-ide kreatif. Bekerja di lingkungan yang tepat juga bisa membuat mood kerja kamu jadi lebih semangat.

Coffee Shop

Bekerja di coffee shop adalah pilihan terpopuler di kalangan pekerja remote. Ada banyak hal yang disukai tentang bekerja di coffee shop. Salah satunya, kamu bisa bekerja ditemani oleh secangkir kopi dengan kandungan kafein tinggi yang dapat membuat kamu bekerja lebih fokus.

Beberapa coffee shop memiliki suasana yang nyaman. Suasana yang nyaman dapat meningkatkan produktivitas mu. Namun sayangnya, bekerja di kedai kopi juga memiliki beberapa kekurangan.

Lingkungan

Coffe shop terkadang memainkan musik yang mengganggu, belum lagi jika ada pelanggan yang berisik. Terkadang, kamu juga gak diperbolehkan untuk berlama-lama duduk setelah kopi pesanan mu habis, mau gak mau kamu harus memesan beberapa cangkir kopi sampai pekerjaan mu selesai.

Minimnya fasilitas kerja

Kamu gak akan menemukan fasilitas yang mendukung untuk pekerjaan mu di coffe shop. Pada dasarnya, coffee shop dibuat sebagai tempat untuk menikmati kopi. Gak heran jika fasilitas terpenting seperti wifi pun terkadang tidak mendukung, koneksi yang sering bermasalah dan kecepatannya yang lambat tentunya dapat mengganggu pekerjaan mu.

Tempat Duduk

Kamu mungkin akan kesulitan mendapatkan tempat duduk yang nyaman. Belum lagi jika hanya tersisa tempat duduk di daerah yang bising dan minim stopkontak. Mau gak mau kamu tetap harus duduk disitu karena sudah terlanjur memesan kopi. Menyebalkan bukan?

Keamanan

Beberapa kasus kehilangan sering terjadi di coffee shop ketika kamu sedang fokus dengan pekerjaan tanpa memperhatikan barang bawaan mu. Hal seperti ini dapat mengganggu konsentrasi mu saat bekerja karena khawatir barang bawaan mu akan hilang.

Coworking Space

Coworking space adalah tempat yang sedang diminati oleh para digital nomad, freelancer, dan juga para penggiat startup.

Bergabung dengan member di coworking space bisa memberikan kamu banyak manfaat. Bisa dibilang, bekerja di Coworking Space lebih baik daripada bekerja di Coffee Shop. Coworking space memiliki wifi yang lebih cepat, tempat yang lebih nyaman dan kondusif, minimnya gangguan yang merusak konsentrasi mu, serta fasilitas yang lebih lengkap.

Tidak heran jika coworking space memiliki lingkungan kerja yang lebih baik. Kamu dapat lebih mudah fokus dengan pekerjaan mu ketika kamu dikelilingi oleh orang-orang ambisius lainnya yang sedang serius mengembangkan bisnis dan pekerjaan mereka disekitar kamu.

Di lingkungan yang memiliki networking yang mendukung dengan pekerjaan mu, kamu dapat lebih mudah untuk mengembangkan relasi dengan saling berbagi wawasan dan saling berkolaborasi. Dengan relasi yang bisa kamu temukan di Coworking Space, akan memudahkan mu untuk mencari jasa, ilmu atau info yang kamu butuhkan.

Baca juga : 5 Alasan Memilih Bekerja di Coworking Space

Jadi, lebih baik pilih kerja di rumah, coffee shop atau coworking space?

Cara terbaik untuk mengetahuinya adalah dengan mencoba dari masing-masing pilihan yang ada. Untuk kamu yang ingin mencoba bekerja di coworking space, kamu bisa datang ke Kolaborato Coworking Space.

Silahkan hubungi Kolaborato di +62 817-0306-4500 untuk info lebih lanjut atau langsung mampir ke Kolaborato Coworking Space di Jl. Bogor Baru A4 No.8, Tegallega, Bogor Tengah, Kota Bogor.

See you at Kolaborato!

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.