Yuk, Intip 4 Langkah Kreatif dalam Membangun Komunitas!

Komunitas dapat menjadi tempat dimana kamu bisa menjalin hubungan dengan orang – orang yang mempunyai tujuan yang sama, saling bertukar pemikiran, dan mengembangkan ide yang kamu punya. Tidak sedikit pula beberapa komunitas ini mempunyai peranan penting di kalangan masyarakat, karena kini jenis komunitas sangat beragam. Dari mulai hobi, kegiatan sosial, relawan pengajar, dan berbagai macam bentuk kegiatan lainnya disalurkan dalam suatu komunitas. Mengapa? Karena komunitas dapat menjadikan kegiatan yang sedang kamu jalani ini berjalan dalam jangka panjang dan memudahkan tujuan yang kamu impikan karena tidak mengerjakan sendiri. Berikut tips untuk kamu yang ingin memulai untuk membangun suatu komunitas:

Pilih Jenis Komunitas yang Unik

Buat suatu komunitas yang belum ada di kalangan masyarakat, atau setidaknya di tempat sekarang kamu tinggal. Hal ini membuka kesempatan untuk kamu mendapatkan lebih banyak anggota, karena komunitas yang kamu punya adalah wadah baru untuk menyalurkan ide, pemikiran, dan tujuan mereka.

Buat Konten Menarik untuk Mempromosikan Keberadaan Komunitas

Promosikan komunitas-mu ini di sosial media/website dengan konten yang menarik, agar semakin banyak para pembaca yang berminat untuk menjadi salah satu anggota yang telah kamu buat. Konten yang kamu buat dapat merupakan gambar atau ilustrasi yang membuat wajah media sosial/website menarik untuk dikunjungi. Jadikan pula sosial media/website yang kamu buat ini menjadi pusat informasi seputar kegiatan yang akan diadakan komunitas-mu. Misalnya, komunitas yang sedang kamu jalani sekarang bergerak di bidang kegiatan sosial. Detil informasi yang kamu punya harus lengkap dimulai dari nama kegiatan hingga kontak yang bisa dihubungi. Libatkan pula para pengunjung/followers-mu untuk mempunyai kesempatan bertanya mengenai apapun yang berhubungan dengan komunitas. Jangan lupa untuk terus meng-update informasi seputar acara yang akan kamu adakan untuk mendapatkan sponsor.

Pilih Tempat yang Nyaman untuk Komunitas Kamu Berkumpul

Pastikan tempat yang kamu pilih untuk berkumpul sudah memfasilitasi semua kebutuhan komunitas-mu demi berlangsungnya acara. Misalnya; cafe atau coworking space. Selain tempat yang nyaman, fasilitas yang mereka sediakan sudah sangat lengkap seperti wifi, proyektor, dan lainnya.

Perluas Networking dengan Komunitas Lain

Terakhir, jalinlah networking sebanyak-banyaknya dengan komunitas lain. Ikut memeriahkan acara yang diadakan komunitas lain agar semakin banyak dikenal oleh masyarakat luas.

Semoga membantu!

Photo by William White on Unsplash

Tagged with:

1 thought on “Yuk, Intip 4 Langkah Kreatif dalam Membangun Komunitas!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.