Apa itu coworking? Apa keuntungan coworking?

Coworking, coworking space - Because working alone sucks

Halo gaes! Long time no see!

Apa kabar Bogorian? Tulisan ini dikhususkan bagi Bogorian yang mungkin belum familiar dengan konsep coworking. Apa sih itu coworking?

Apa itu coworking dan coworking space?

Coworking adalah sebuah gaya bekerja yang melibatkan lingkungan kerja bersama, sebuah kantor (biasanya) dan independent activity. Tidak seperti kantor yang biasanya, orang yang bekerja disini biasanya datang organisasi yang berbeda-beda. Misalnya di coworking space, Kolaborato terdapat beberapa member, Ibu researcher A dari organisasi Anu, Bapak programmer B dari kantor Anu2 dan seterusnya. Mengutip wikipedia, secara definisi coworking adalah kurang lebih begitu.

Konsep coworking sendiri sebenarnya sudah sangat lama ada, hanya saja istilah ini dipopulerkan oleh Brad Neuberg pada tahun 2005. Lalu, coworking space adalah sebuah bisnis atau organisasi yang mengimplementasikan sepenuhnya konsep coworking itu sendiri. Sejarah dan penjelasan konsep coworking lengkap bisa dilihat di situs ini whatiscoworking.com. Well, i think you get the idea already, right?

Apa yang ada dipikiran kamu, pertama kali mendengar kata coworking space?

Tempat kerja anak IT? Tempat kerja yang mahal? Kreatif? Meeting room? Tempat komunitas bikin acara?

Semua yang disebut diatas bisa jadi betul, tapi enggak juga. Coworking space tidak ditujukan untuk satu profesi saja. Mahal? enggak juga, relatif. Di dunia yang sekarang serba modern dan digital, banyak profesi yang tidak dituntut harus selalu berada di kantor. Profesi berikut yang biasanya sering kamu temui bekerja di coworking space. Programmer, desainer grafis, project manager, akuntan publik, broker saham, auditor, researcher/peneliti, blogger, writer, jurnalis, mahasiswa dan masih banyak lagi.

Hmm… contohnya mana?

Gimana sudah kebayang? Biar lebih jelas kita ambil contoh coworking space paling keren di Bogor, Kolaborato (hehehe…pardon the self-proclaim lol). Member Kolaborato datang dari berbagai macam bidang dan disiplin ilmu. Mas Adi Nugroho SA seorang Creative director, a certified visual design specialist by Adobe yang bekerja di perusahaan agensi digital, biasanya Mas Adi biasanya hadir tiap hari kamis dan jumat.

Hmm interesting.. 🍻 need to find my good spot! 😊 #coworkingspace #work #anywhere #nice #place #digitalnomad #kolaborato

A post shared by Coffee Stained In Your Jeans (@adibalboa) on

Kemudian ada Mbak Mulia Nurhasan yang datang hampir tiap hari, researcher dan peneliti lepas yang sedang menyelesaikan gelar PhD di University of Copenhagen. Mbak Rina Mutia Dewi, Food blogger terkenal dari Bogor yang menulis di rinamutiadewi.com.

Mbak Viera Rachmawati salah satu pentolan Cooltura.id komunitas budaya , freelance writer yang menulis untuk GNFI (goodnewsfromindonesia.id) dan teacher assistant yang sesekali datang ke Kolaborato.

Dari bidang IT ada Mas Ariawan, Co-founder dan CTO Niltava Media. Mas Bani, UX researcher yang bekerja untuk BukaLapak dan masih banyak lagi member keren lain yang bekerja disini.

Kolaborato sebagai coworking space tidak hanya mengakomodir professional perorangan tapi juga jadi tempat nongkrong komunitas. Teman-teman GSRB kolektif yang sempat mengadakan pameran dan workshop seni grafis murni dengan movement hariancetak mereka juga sering datang ke Kolaborato.

Workshop stensil dan cukil bersama @keramik21 dan @saterflesh . #workshop #senigrafis #hariancetak #kolaborato @hariancetak

A post shared by Dewan Kesenian Muda Bogor (@gsrbkolektif) on

Ada juga Bogor cinema yang sempat mengadakan nonton bareng film indie, Rocket rain yang di-direct oleh sutradara keren Mas Anggun Priambodo.

Isn’t it excited to meet these people? Come work here at Kolaborato! 😉

Keuntungan coworking dan bekerja di coworking space

OK. Konsep coworking sudah paham, pertanyaan berikutnya, kenapa saya harus bekerja di coworking space? what is in it for me? apa untungnya buat kamu? Ada beberapa keuntungan bekerja di coworking space dibanging di rumah atau di cafe.

Coworking space relatif lebih murah

Bekerja di coworking space dibandingkan dengan cafe relatif lebih murah. Misalnya kamu bekerja sehari selama 8 jam. Delapan jam di cafe artinya 2x minum dan 1x makan, sekitar 100ribu atau lebih tergantung cafe yang kamu pilih. Belum lagi waiter yang tiap 2 jam akan tanya “Mau pesen apa lagi mas/mbak?”. Kolaborato satu hari cuma 50ribu, atau 1juta untuk paket 30 hari. I will leave you to do the math 🙂

Coworking space, lebih produktif

Well, ini relatif sih. Tapi percaya deh, bekerja di coworking space bisa jadi lebih produktif. Tidak ada gangguan kasur atau TV atau game console yang ada di rumah. Kamu bisa bebas pilih spot duduk jika bosan di spot tertentu. Standing desk, bekerja sambil berdiri juga bisa jadi pilihan yang lebih sehat dibanding duduk selama beberapa jam non-stop. Mood kerja bagus, produktifitas tinggi!

Coworking space, bisa sharing knowledge dengan member lain

Di coworking space kamu bisa sharing knowledge, ngobrol dengan member yang lain dengan latar belakang pendidikan dan bisnis yang berbeda-beda. Networking dan menambah jaringan pertemanan. This is priceless.

Coworking space, bisa membangun community dan peluang bisnis

Subtitle-nya sudah self-explained. Menyambung dari poin terakhir, dengan adanya kesempatan bertemu dan berkolaborasi dengan member lain dengan bisnis dan organisasi berbeda bisa mendatangkan peluang bisnis buat kamu. Misalnya sharing project yang sedang dikerjakan, diminta jadi trainer/nara sumber event di bidang tertentu dan lain-lain. The possibilities are endless.

Kamu bisa cek tips dan trik bekerja di coworking space di artikel sebelumnya, untuk memaksimalkan cost yang sudah kamu keluarkan untuk bekerja di coworking space.

Coworking now! Because working alone sucks!

Tagged with:

4 thoughts on “Apa itu coworking? Apa keuntungan coworking?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.